Selasa, 28 Maret 2017

Microsoft Excel

PENGERTIAN SOFTWARE PENGOLAH KATA
(MICROSOFT WORD)


Microsoft Excel 2010
Microsoft Excel 2010

Microsoft Word adalah aplikasi pengolah kata yang sangat populer pada saat ini, Aplikasi yang dikembangkan oleh microsoft ini terdapat dalam satu paket microsoft office yang berisi microsoft word, microsoft excel, microsoft power point, microsoft office publisher microsoft office access dan lain-lain. Akan tetapi dari sekian banyak ini paket yang ditawarkan microsoft word yang paling sering dipakai oleh kebanyakan orang selain microsoft excel dan power point.

Dalam perkembangannya microsoft word mengalami banyak perkembangan dari tahun ke tahun mulai dari microsoft word 1998, microsoft word 2003, microsoft word 2007, microsoft word 2010 dan microsoft word 2013. Dengan perkembangan tersebut microsoft telah menambahkan database dan tool yang baru untuk menyempurnakan agar microsoft word lebih mudah untuk digunakan. Dengan microsoft word dapat memudahkan kerja manusia dalam melakukan pengetikan surat maupun dokumen lain.
KELEBIHAN MS EXCEL : 
  1. Mempunyai kemampuan menampung data yang cukup besar dengan 1 juta baris dan 16.000 kolom dalam 1 sheet. Jadi dalam 1 sheet bisa menampung jawaban 1 juta responden dan 16 ribu jawaban/pertanyaan. 
  2. Microsoft excel mempunyai Format yang paling populer dan fleksibel jadi sebagian besar software data entry ada fasilitas konversi ke format excel atau format lain yang bisa dibaca excel. Atau jika dibutuhkan kita bisa konversi balik dari excel ke software statistik lainnya. 
  3. Microsoft Excel mempunyai program penggunaan rumus yang sangat lengkap sehingga mempermudah pengolahan angka untuk menghasilkan dokumen yang lebih canggih. 
  4. Dengan Pivot Tables, kita bisa kerja lebih efektif karena semua tabel summary yang kita rencanakan bisa kita buat dahulu walaupun data belum masuk semua. Setiap ada data masuk otomatis pivot table akan me-refresh sehingga tabel akan terupdate sendiri.


KEKURANGAN MS EXCEL :
  1. Software pengolah angka ini berbayar atau tidak gratis.
  2. Aplikasi ini memerlukan banyak memory (RAM) dan proccessor yang besar (CPU).
  3. Untuk membuat kolom baru yang berisi pengkategorian dari sebuah kolom/jawaban pertanyaan, atau membuat filter responden; kita harus membuat rumus excel baik rumus matematika, logika maupun text. Banyak orang yang tidak suka dengan hal ini karena di SPSS misalnya, kita dengan mudah untuk melakukan filter atau pengkategorian jawaban baru.
MENJELASKAN FUNGSI MENU DAN IKON PADA PROGRAM MICROSOFT EXCEL

Program pengolah kata Microsoft Excel memiliki sembilan menu yang terdapat bar atau baris menu. Kesembilan menu itu: File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Data, Window, dan Help. Masing-masing menu memiliki submenu perintah yang masing-masing sub perintah tersebut memiliki fungsi tersendiri yaitu antara lain:

1.      MENU FILE
 1)     New                                : Perintah untuk membuat lembar kerja baru2)     Open                               : Perintah untuk membuka dokumen3)     Close                               : Perintah untuk menutup jendela workbook4)     Save                                : Perintah untuk menyimpan data5)     Save As                          : Perintah untuk menyimpan data yang belum memiliki                                                          nama6)     Save As Web Page          : Perintah untuk menyimpan kedalam halaman web7)     Save Workspace              : Perintah untuk menyimpan sebagai file workspace8)     File Search                      : Perintah untuk mencari file workbook9)     Permission                      : Perintah untuk melihat apa yang akan disetting dalam                                                          halaman pengelolahan data tersebut10)   Web Page Preview          : Perintah untuk melihat lembar kerja yang akan dicetak11)   Page Setup                       : Perintah untuk mengatur setting halaman12)  Print Area                         : Perintah untuk menentukan lembar kerja yang                                                                      akan  dicetak13)   Print Preview                  : Perintah untuk melihat lembar kerja yang akan dicetak14)   Print                                : Perintah untuk mencetak data15)   Send To                          : Perintah untuk mengirimkan file16)   Properties                        : Perintah untuk Membuat ringkasan file yang aktif17)   Exit                                 : Perintah untuk menutup program Microsoft Excel


2.      MENU EDIT

1)     Undo                               : Perintah untuk membatalkan perintah terakhir
2)     Redo                               : Perintah untuk membatalkan perintah Undo
3)     Cut                                  : Perintah untuk memotong naskah
4)     Copy                               : Perintah untuk membuat duplikat naskah
5)     Office Clipboard            : Perintah untuk menampilkan jendela Cilpboard
6)     Paste                               : Perintah untuk pasangan Cut dan Copy
7)     Paste Spesial                   : Perintah untuk membantu perintah Copy dan Cut
8)     Paste as Hyperlink          : Perintah untuk membantu perintah Copy dan Cut                                                                                      dengan Hyperlink
9)     Fill                                   : Perintah untuk mengisi data pada sel dan range pada lembar                                                                     kerja
10)   Clear                               : Perintah untuk menghapus data
11)   Delete                             : Perintah untuk menghapus dan memindahkan data
12)   Delete Sheet                   : Perintah untuk menghapus sheet
13)  Move or Copy Sheet       : Perintah untuk memindahkan dan menyalin sheet pada                                                                              lembar  kerja
14)   Find                                : Perintah untuk mencari data
15)   Replace                           : Perintah untuk mengganti data
16)   Go To                              : Perintah untuk memindahkan sel yang aktif ke sel yang lain


3.      MENU VIEW

1)     Normal                            : Perintah untuk menampilkan lembar kerja pada posisi normal
2)     Page Break Preview        :  Perintah untuk melihat hasil pemotongan halaman lembar                                                                       kerja
3)     Task Pane                        : Perintah untuk membuka tampilan perintah
4)     Toolbars                          : Perintah untuk menampilkan toolbar
5)     Formula Bar                    : Perintah untuk memunculkan baris rumus
6)     Status Bar                       : Perintah untuk memunculkan status bar
7)     Header and Footer          : Perintah untuk membuat header dan footer
8)     Comments                       : Perintah untuk memunculkan toolbar comment dan                                                                                  reviewing lembar kerja
9)     Custom Views                : Perintah untuk menyimpan area cetak pada workbook
10)   Full Screen                      : Perintah untuk menampilkan layer secara penuh
11)   Zoom                              : Perintah untuk mengganti ukuran lembar kerja


4.      MENU INSERT

1)          Cell                            :  Perintah untuk menyisipkan sel
2)          Rows                          :  Perintah untuk menambah beris sel
3)          Columns                     :  Perintah untuk menambah kolom
4)          Worksheet                  :  Perintah untuk menyisipkan lembar kerja
5)          Chart                          :  Perintah untuk membuat grafik
6)          Symbol                       :  Perintah untuk menyisipkan symbol
7)          Page Break                 :  Perintah untuk membuat halaman yang terpotong
8)          Function                     :  Perintah untuk memasukkan rumus fungsi logika
9)          Name                         :  Perintah untuk memberi nama range data
10)      Comment                     :  Perintah untuk memberi catatan pada lembar kerja
11)      Picture                          :  Perintah untuk menyisipkan gambar
12)      Diagram                       :  Perintah untuk membuat diagram
13)      Object                          :  Perintah untuk memasukkan gambar

14)      Hyperlink                     :  Perintah untuk menghubungkan berkas dengan file


5.      MENU FORMAT

1)          Cell                                        :  Perintah untuk membuat format sel
2)          Low                                       :  Perintah untuk mengatur tinggi baris
3)          Column                                  :  Perintah untuk mengatur lembar kolom
4)          Sheet                                      :  Perintah untuk memformat sheet
5)          Auto Format                          :  Perintah untuk membuat format table
6)          Conditional Formating          :  Perintah untuk memformat nilai data sel
7)          Style                                       :  Perintah untuk mengubah data pada lembar kerja



6.      MENU DATA

1)     Short                                                     :  Perintah untuk mengurutksn data
2)     Filter                                                     :  Perintah untuk memfilter data
3)     Form                                                     ;  Perintah untuk menambah atau mengurangi data
4)     Subtotal                                                  ;  Perintah untuk menghitung sub total
5)     Validation                                              ;  Perintah untuk membatasi jenis data                                                                                                           yang dimasukkan
6)     Table                                                        ;  Perintah untuk membuat table
7)     Text to Columns                                     ;  Perintah untuk membuat naskah text                                                                                                         menjadi berkolom
8)     Consolidate                                             ;  Perintah untuk mengkonsolidasi data
9)     Group and Outline                                  ;  Perintah untuk menggabungkan data
10) Pivot Tabel and Pivot Chart Report         ;  Perintah untuk membuat table dan grafik pivot
11) Import External Data                                ;  Perintah untuk mengimpor data luar
12) Refresh Data                                            ;  Perintah untuk menyegarkan kembali data dari                                                                                         luar


7.      MENU TOOLS

1)     Spelling                                                   :  Perintah untuk memeriksa data
2)     Research                                                 :  Perintah untuk mencari file
3)     Error Cheking                                         :  Perintah untuk mengecek kesalahan
4)     Track Changes                                        :  Perintah untuk melihat pengubahan oleh                                                                                                   orang lain
5)     Compare and Merge Workbooks            :  Perintah untuk menggabungkan                                                                                                                 beberapa workbook
6)     Protection                                               :  Perintah untuk mengamankan data
7)     Online Colaboration                               :  Perintah untuk menyusun pertemuan beserta                                                                                             penjadwalannya
8)     Goal Seek                                               :  Perintah untuk mengubah nilai rumus
9)     Scenarios                                                :  Perintah untuk membuat ringkasan pada                                                                                                     Microsoft Excel
10) Formula Auditing                                     : Perintah untuk meletakkan rumus                                                                                                            dengan menggunakan nilai pada sel aktif,                                                                                                 mengatur sel dan meletakkan data ke rumus
11) Makro                                                       :  Perintah untuk menjalankan program makro
12) Add-Ins                                                    :  Perintah untuk mengaktifkan atau non                                                                                                      aktifkan add – ins
13) Auto Correct Option                                :  Perintah untuk menampilkan perintah auto                                                                                                corret
14) Custommize                                              :  Perintah untuk mengatur toolbars
15) Options                                                     :  Perintah untuk membuka menu dan tabulasi


8.      MENU WINDOW

           1)     New Window                                              :  Perintah untuk menampilkan lembar                                                                                                          kerja yang  di edit
2)     Arrange                                                   :  Perintah untuk mengatur jendela
3)     Unhide                                                    :  Perintah untuk menampilkan kembali                                                                                                       workbook yang di hidden
4)     Split                                                        ;  Perintah untuk membagi lembar kerja
5)     Freeze Panes                                           ;  Perintah untuk membuat supaya sel                                                                                                           dibawah dapat terlibat


9.      MENU HELP

1)     Microsoft Excel Help                             :   Perintah untuk menampilkan office assistant
2)     Show the Office Assistant                     :   Perintah untuk melihat keterangan dari                                                                                                      topic yang dipilih
3)     Microsoft Excel Online                          :   Perintah untuk online
4)     Contact Us                                              ;   Perintah untuk bantuan pada Microsoft
5)     Check for Updates                                 ;   Perintah untuk mengupdate
6)     Detect and Repair                                   ;   Perintah untuk mendeteksi dan                                                                                                                  memperbaiki Microsoft Excel
7)     About Microsoft Office Excel               :   Perintah untuk melihat penjelasan tentang                                                                                                 Excel, Microsoft Excel Shortcut Keys


Tidak ada komentar:

Posting Komentar